Kumpulan Tehnik Modeling/Texturing di Zbrush

Discussion in 'Tutorials' started by Abdurrahman Al Hanif, Aug 31, 2015.

Kumpulan Tehnik Modeling/Texturing di Zbrush, 1 votes
5/5, 1 vote

  1. Thread
  2. Reviews (1)
  1. Abdurrahman Al Hanif Member

    Joined:
    Dec 3, 2014
    Messages:
    26
    Trophy Points:
    25
    Gender:
    Male
    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Kadang kita dalam belajar sesuatu sering terlalu fokus ke hasilnya atau cuma pengen belajar cara yang bisa langsung ngewujudin hasil yang besar dan sering lupa sapa tehnik2 sepele. Begitu juga belajar Zbrush. Di Zbrush ini banyak banget tehnik yang bisa digunakan untuk membantu aktivitas sculpting agan yang seringnya tehnik itu sepele dan akhirnya dianggap remeh.

    Nah saya pengen ngumpulin tehnik2 seperti itu di thread ini sekalian berbagi. Semoga bisa membantu agan-agan Zbrusher sekalian dalam mengerjakan projeknya. Buat suhu-suhu yang lain yang punya tehnik dan pengen dishare juga silakan. Jangan malu-malu karena kita sama-sama belajar.

    Langsung aja ya untuk membuka thread ini saya mau share tehnik texturing yang barusan saya pelajari...


    [TEXTURING] Menerapkan Beberapa Material Dalam Satu Tools/ Subtools
    Kadang kita dalam membuat suatu objek membutuhkan material lain yang berbeda karena sifat permukaan yang akan kita beri material itu mungkin beda dengan yang lain. Contoh, ketika agan membuat objek cewek berjilbab, material pada kulit wajah dan jilbab si cewek jelas berbeda kan? Mungkin dari segi pemantulan cahayanya/ specular, texture kain, dsb. Nah.. begini gan caranya:
    1. Pertama. Tentukan subtools mana yang mau agan beri material.
    2. Pilih material dan warna yang mau agan terapkan dan jangan lupa aktifkan tombol Mrgb pada panel atas. Lihat gambar.

      Keterangan:
      - Mrgb: tombol untuk menerapkan material + warna yang dipilih.
      - Rgb: tombol untuk menerapkan warna yang dipilih saja.
      - M: menerapkan material yang dipilih saja.


      figure1.jpg
    3. Sekarang pada baris menu atas pilih menu Color/FillObject, setekita subtool yang agan pilih akan berwarna dan bermaterial seperti yang agan mau. Langkah 3 ini juga sebagai tahap mensetting base material dan color buat object agan.
    4. Bisa juga diterapkan pada bagian polygroup yang sudah dipilih dengan menghiden polygroup lainnya.
    5. Bisa juga diterapkan dengan tehnik brushing/polypaint, jadi setelah menerapkan base material dan color, agan coba ubah warna dan material lain. Trus coba gan di brush di atas bagian yang agan FillObject tadi.
    6. Coba terapkan di beberapa bagian gan supaya kelihatan perbedaannya. Good luck!!
    ======================================

    Sekian dulu untuk pembukaan. Insyaallah tehnik lain akan saya update di kesempatan mendatang ya gan! Yang lain kalau mau share juga monggo. Jangan lupa di judul tehniknya dikasi note [TEXTURING] atau [MODELING]

    HAPPY ZBRUSHING!​
     
    Last edited: Aug 31, 2015
    Ari and herocus like this.
  2. Ari Member

    Joined:
    Nov 3, 2015
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    10
    Gender:
    Male
    Gan gmn cara x menampilkan 2 pointer waktu edit suatu objek :cry:
     
  3. herocus masih newbie Staff Member

    Joined:
    Nov 28, 2014
    Messages:
    204
    Trophy Points:
    110
    Gender:
    Male
    Location:
    Jakarta
    maksudnya gmana? pointer apa gan?
     
    Ari likes this.
  4. Abdurrahman Al Hanif Member

    Joined:
    Dec 3, 2014
    Messages:
    26
    Trophy Points:
    25
    Gender:
    Male
    Oh mungkin symmetry ya? Yg jd ada pointer kanan kiri? Klo itu tinggal pencet X aja gan. Ntar dy bisa keluar dua pointer kanan kiri. Jd kita bisa fokus nyeculpt ke satu sisi tanpa kehilangan moment di sisi lainnya (ky apa aja moment :biggrin:)
     
    Ari and herocus like this.
  5. herocus masih newbie Staff Member

    Joined:
    Nov 28, 2014
    Messages:
    204
    Trophy Points:
    110
    Gender:
    Male
    Location:
    Jakarta
    oo iya klo gitu, tekan tombol x untuk aktifkan symmetry , kalo mau rubah axis musti ke transform menu disana bisa diganti x, y atau z symmetry atau kombinasinya.
     
    Ari likes this.
  6. Ari Member

    Joined:
    Nov 3, 2015
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    10
    Gender:
    Male
    @herocus & @Abdurrahman Al Hanif : iya gan .... ane bingung apa nama x itu .. ternyata symetri ... maaf newbie .... hehehe ..... mantab mastah" ini :)
     
  7. loop Member

    Joined:
    Feb 29, 2016
    Messages:
    1
    Trophy Points:
    5
    Gender:
    Female
    Location:
    Jakarta
    Kalo menggunakan teknik brushing gapapa emang gan? Ga ganggun kompenen desain yg lg dibuatkah? Apa harus ttp di setting juga biar brushingnya ga ngeganggu?
     

Share This Page